Selasa, 18 April 2017

Alasan Bukalapak Meluncurkan Fitur Baru Pemesanan Tiket Pesawat


2COMMENTS
Ticketing Pesawat | Featured
Marketplace Bukalapak belum lama ini menambahkan fitur baru dalam layanan mereka yakni pemesanan tiket pesawat. Fitur ini baru tersedia dalam layanan versi desktop, dan dalam waktu dekat akan segera hadir dalam aplikasi mobile.

Menurut Business Development Manager Bukalapak, Gahayu Handari Ekaputri menuturkan kepada Tech in Asia Indonesia latar belakang pihaknya membuka pelayanan pemesanan tiket pesawat adalah karena semakin banyaknya jumlah pengguna Bukalapak dan hal ini mendorong pihaknya memberikan fasilitas yang lengkap demi kenyamanan pengguna.
“Sehingga pengguna Bukalapak tidak perlu berpindah aplikasi untuk mendapatkan segala kebutuhannya,” ujar Gahayu.
Pesawat Garuda Indonesia

Ketersediaan rute dan maskapai

Saat ini, kata Gahayu, Bukalapak menyediakan pemesanan tiket pesawat untuk rute seluruh Indonesia, ditambah pemesanan tiket ke Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan negara Asia lainnya. Sedangkan pilihan maskapainya ada Garuda Indonesia, Batik Air, Nam Air, Wings Air, Lion Air, Citilink, AirAsia, dan Sriwijaya Air.
“Sementara untuk maskapai asing dan rute internasional, masih dalam tahap proses pengembangan dan akan diluncurkan dalam waktu dekat,” tuturnya.

Keuntungan bagi pemesan

Bukalapak sendiri menawarkan sejumlah keunggulan pemesanan tiket pesawat melalui platformnya, pengguna bisa menggunakan saldo yang terdapat pada BukaDompet untuk melakukan transaksi sehingga lebih mudah dan aman. Bukalapak juga mengklaim akan memberikan fasilitas refund yang prosesnya lebih cepat.
Bukalapak - Screenshot
“Proses refund akan lebih cepat yaitu selama 35 hari kerja untuk pengguna kartu kredit dan 21 hari kerja untuk penggunaan non kartu kredit. Terhitung sejak pengajuan disetujui dan akan dikembalikan ke dalam deposit (BukaDompet) pengguna,” jelas Gahayu.
“Kami juga memiliki program bundling dengan airport lounge sebagai nilai tambah pemesanan tiket pesawat pada Bukalapak. Bukalapak juga memberikan promo bundling dengan voucer airport lounge untuk kenyamanan pembeli,” sambungnya.

Monetisasi dan strategi pemasaran

Terkait monetisasi Bukalapak dari pemesanan tiket pesawat ini Gahayu mengatakan keuntungan berasal dari komisi penjualan. Namun pihak Bukalapak belum bisa menyebutkan besarannya.  
Sementara untuk strategi pemesanan, mirip dengan layanan sejenis Bukalapak juga memberikan promo. Seperti misalnya menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Bukalapak juga sudah menyiapkan program promo terkait pemesanan tiket pesawat. Gahayu menuturkan promo yang diberikan yakni cashback senilai Rp50 ribu untuk semua maskapai.
“Akan ada program promo spesial Lebaran terkait pemesanan tiket pesawat di Bukalapak yaitu cashback senilai Rp 50 ribu untuk semua maskapai pada tanggal 3-7 April 2017,” tandasnya.
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

ABOUT DANANG

Penggemar Warkop DKI era 80'an dan film bertema retro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar