Selasa, 27 Juni 2017

Kumpulan Startup Penyedia Sistem Pembayaran Online di Indonesia

Salah satu hal krusial utama yang perlu diperhatikan saat mendirikan situs e-commerce adalah sistem pembayaran. Karena hal ini merupakan jalur transaksi utama. Semakin banyak metode pembayaran yang didukung, maka semakin memudahkan pembeli melakukan transaksi. Membuat sistem pembayaran online yang mendukung berbagai metode tentunya akan memakan banyak waktu dan sumber daya. Untungnya, Anda bisa menggunakan jasa startup penyedia sistem pembayaran online yang telah kami rangkum berikut.

DOKU

Doku-milestones
DOKU bisa dibilang merupakan pionir sistem pembayaran online di Indonesia. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2007. Pada laporan terakhir yang kami terima, DOKU memiliki lebih dari 2.000 merchant.
Solusi sistem pembayaran online yang disediakan Doku sangat beragam, seperti VISA, MasterCard, Paypal, BNI Debit online, E-Pay Bri, dan lainnya. Dari segi keamanan, sistem pembayaran DOKU telah mendapat sertifikasi PCI DSS Level 1. Sertifikasi ini memberi jaminan dan standardisasi sistem pembayaran online bebas dari penipuan.
Doku memiliki tiga produk utama yaitu DOKUD Wallet sebagai uang digital, DOKU Enterprise untuk sistem pembayaran berskala besar, dan DOKU My Shopping Cart yang ditujukan untuk situs-situs e-commerce atau bisnis kecil menengah.
Baca juga: Nabilah Alsagoff dan kisah di balik Doku, pionir e-payment Indonesia

iPaymu

iPaymu 700x300
Setelah DOKU, iPaymu merupakan penyedia sistem pembayaran online kedua yang hadir di tanah air pada tahun 2012. Hingga kini iPaymu mengklaim telah memiliki lebih dari 30.000 merchant. Selain mendukung PayPal, MasterCard, dan VISA; iPaymu menyediakan integrasi pembayaran online ke ratusan Bank di Indonesia. Hal itu memungkinkan pengguna menerima pembayaran dari berbagai ATM di seluruh Indonesia. Sistem pembayaran iPaymu juga telah mendapatkan sertifikasi PCI DSS.
Ada tiga layanan utama yang disediakan iPaymu, yaitu Personal dengan maksimal penarikan perhari sebesar Rp5 juta, Bisnis dengan maksimal Rp10 juta, dan Enterprise dengan maksimal penarikan tidak terbatas.

Veritrans

veritrans
Selain iPaymu, penyedia sistem pembayaran online yang juga muncul pada tahun 2012 adalah Veritrans. Perusahaan ini merupakan usaha gabungan antara Veritrans Jepang, NetPrice, dan MidPlaza Group. Di Indonesia, perusahaan ini berada di bawah badan hukum bernama PT. Midtrans. Veritrans mendukung berbagai kanal pembayaran mulai dari pembayaran menggunakan kartu seperti VISA dan MasterCard, Internet Banking, E-Wallet, hingga pembayaran konvensional melalui Indomaret.
Veritrans memiliki tiga produk utama, yaitu Link, sebuah tautan yang dibuat khusus untuk dikirim ke pembeli agar pembayaran dapat dilakukan di halaman Veritrans; Web, pembayaran yang dilakukan di halaman Veritrans dengan desain dan layout yang telah disediakan; dan Direct, proses pembayaran yang dilakukan di situs merchant.
Baca juga: Veritrans merayakan hari jadi yang kedua, beri berbagai hadiah untuk penggunanya

Mimopay

mimopay
Mimopay adalah sebuah aggregator pembayaran yang menawarkan empat cara bagi pedagang untuk menerima pembayaran online. Pertama adalah melalui perusahaan telekomunikasi dengan sistem potong pulsa. Kedua, pembayaran melalui ATM dan produk e-banking. Ketiga, melalui toko fisik dimana Mimopay telah bekerja dengan lebih dari 180 gerai 7-Eleven untuk menjual game Card untuk top up kredit game online. Metode terakhir adalah melalui e-wallet, dimana pengguna juga dapat melakukan pembayaran online menggunakan MIMO Wallet dan Mandiri e-Cash.
Pada bulan September 2014 lalu, Mimopay telah bekerjasama dengan sekitar 60 publisher game dan berencana memperluas jangkauannya ke ranah lain seperti e-commerce umum. Perusahaan ini mengklaim menangani lebih dari 300.000 transaksi setiap bulan, dengan lebih dari 200 produk aktif yang terdiri dari game online dan aplikasi.

Coda Payment

coda payments
Coda Payment merupakan penyedia sistem pembayaran online asal Singapura yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2014. Serupa dengan Mimopay, perusahaan ini juga fokus menyediakan sistem pembayaran bagi penerbit game. Beberapa perusahaan terkemuka yang telah menggunakan layanan mereka adalah STEAMGumiGarenaBaidu, dan lainnya. Perusahaan ini menyediakan sistem pembayaran melalui potong pulsa, transfer bank, pembayaran tunai di supermarket terdekat, dan voucher fisik.

Kumpulan penyedia sistem pembayaran di atas telah memecahkan masalah pembayaran di Indonesia, negara yang memiliki penetrasi pengguna kartu kredit yang rendah dan pengguna mobile yang tinggi. Dengan banyaknya pilihan, pengguna hanya perlu memilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya apabila Anda mendirikan situs jual beli yang berhubungan dengan game, bisa menggunakan Coda Payment atau Mimopay. Sedangkan apabila untuk situs jual beli umum bisa menggunakan DOKU, iPaymu, atau Veritrans.


Klien Vopb:



(Diedit oleh Lina Noviandari; sumber gambar Truelance)


sumber