Rabu, 09 Agustus 2017

Smart TV, apa itu Smart TV?


Smart TV merupakan sebuah kemajuan teknologi saat ini dimana pesawat TV tidak hanya dapat menerima siaran TV tetapi juga mempunyai kemampuan untuk mengakses internet.
Istilah "Smart TV" pertama kali di populerkan oleh Samsung yang kemudian diadopsi pula oleh LG dan Philips untuk produk TV yang berkemampuan akses jaringan internet. Namun sejauh ini belum ada kesepakatan dikalangan produsen untuk menggunakan istilah Smart TV ini. Bahkan ada produsen, memasarkan produk sejenis dengan istilah "Internet TV". Namun nampaknya istilah Smart TV lebih populer untuk merujuk pada TV yang berkemampuan akses jaringan internet.

Pada Smart TV terdapat Sistem Operasi yang sudah ter-install di dalamnya untuk menjalankan widget dan aplikasi internet, sehingga sebuah Smart TV dapat berinternet seperti komputer atau smartphone. Widget dan aplikasi apa saja yang terdapat pada sebuah Smart TV tergantung dari model dan merk Smart TV anda. Silahkan cek di website produsennya masing-masing.


Smart TV
Untuk bisa berinternet lewat Smart TV, kita harus memiliki jaringan internet dulu di rumah seperti Speedy modem yang ada pemancar wi-fi atau terminal LAN / Ethernet. Setelah itu kita cek Smart TV kita, fasilitas apa saja yang bisa digunakan untuk menghubungkannya ke jaringan internet. Apakah ada built-in TV wi-fi adapter-nya atau Ethernet port yang digunakan untuk koneksi ke jaringan internetnya.

Beberapa fitur yang ditawarkan Smart TV.
- Seperti halnya Smartphone, Smart TV juga menawarkan banyak layanan konten dari internet seperti media streaming dari YouTube dan Netflix, akses jejaring sosial seperti Facebook dan Tweeter, bermain game online dan beberapa fitur lain yang tergantung dari model dan merk Smart TV tersebut.

- Video callBeberapa Smart TV juga terdapat aplikasi semacam Skype, untuk komunikasi sambil bertatap muka dengan teman atau saudara dikampung yang dikenal dengan video call, jika Smart TV tersebut dilengkapi dengan web camera.

Internet browsingBeberapa Smart TV juga menawarkan browsing internet. Biasanya Smart TV ini dilengkapi dengan wireless keyboard atau remote control yang gede yang dilengkapi qwerty keyboard, yang dikenal dengan qwerty remote, seperti gambar berikut.

Qwerty remote
Video on demand (VOD)Layanan ini yang biasanya banyak dicari orang. Dengan meggunakan Smart TV kita bisa nonton film sesuai pilihan kita kapanpun yang kita mau. Namun ini tidak gratis.

DLNA (Digital Living Network Alliance) merupakan standar sharing media yang digunakan pada sebagian Smart TV. Ini berguna untuk berbagi data seperti film, musik dan foto, diantara perangkat yang kita miliki. Misalnya kita ingin transfer data foto atau film dari smartphone atau laptop ke Smart TV agar bisa ditonton bareng.

Tidak semua fitur-fitur di atas terdapat pada setiap Smart TV. Cari informasi fitur apa saja yang ditawarkan Smart TV merk favorit anda, baik lewat internet atau ke toko elektronik.

Aplikasi dan konten online (Online Stores)
Masing-masing produsen Smart TV memiliki websitenya sendiri untuk download atau update konten dan aplikasi, yang dikenal dengan Online Store. Dan ini berbeda antara merk Smart TV yang satu dengan yang lain. Jika suatu aplikasi atau konten tidak terdapat pada website Smart TV tertentu, maka kita tidak bisa men-download-nya dari website Smart TV merk lain.
Produsen Smart TV berlomba membangun online stores masing-masing dengan bekerja sama dengan pihak ketiga yang membuat konten atau aplikasi online. Yang perlu diingat, konten dan aplikasi yang tersedia tidak selamanya gratis.

Ketergantungan terhadap online stores inilah yang membuat Smart TV tidak bisa memanfaatkan koneksi internet secara maksimal layaknya komputer atau laptop.
sumber