Selasa, 27 Juni 2017

[Update] Kumpulan Startup Fintech di Indonesia

(Kami memperbarui artikel, menghapus Akunting Mudah dan SikatAbis, serta menambahkan 35 startup lainnya ke dalam daftar)
Startup teknologi penyedia jasa finansial, atau biasa disebut fintech, merupakan salah satu ranah yang sedang berkembang pesat di tanah air. Salah satu pemicunya adalah karena urusan finansial merupakan masalah yang banyak dihadapi oleh berbagai kelas masyarakat.
Berikut adalah kumpulan startup teknologi jasa finansial yang perlu kamu ketahui. Daftar startup berikut disusun berdasarkan jenis atau bentuk dari layanan yang mereka tawarkan.

Software dan aplikasi keuangan

Jurnal

Jurnal Features
Jurnal adalah penyedia software akuntansi untuk para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan software tersebut, kamu bisa membuat invoice, serta mengelola aset, inventori, dan gudang secara otomatis.

Pada bulan Februari 2016, Jurnal telah mendapat pendanaan Seri A yang dipimpin oleh East Ventures, serta diikuti oleh Fenox VC, dan angel investor Budi Setiadharma.

Jojonomic

Jojonomic Request Leave | Ilustrasi
Berawal dari layanan pencatatan keuangan pribadi, kini Jojonomic justru fokus menjadi platform Software as a Service (SaaS) untuk mempermudah proses reimbursement. Saat ini mereka pun telah menghadirkan fitur absensi dengan teknologi pengenalan wajah.
Pada bulan September 2016 yang lalu, startup yang didirikan oleh Indrasto Budisantoso ini telah mendapat pendanaan Seri A senilai US$1,5 juta (sekitar Rp19,7 miliar) yang dipimpin oleh Maloekoe Ventures.
Jojonomic - Expense Claim
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
23M 1,000 - 5,000
GRATIS

Sleekr

Sleekr Aplikasi Mobile | Ilustrasi
Pada awalnya, Sleekr merupakan layanan sumber daya manusia (HR) berbasis cloud. Namun setelah mengakuisisi startup bernama Kiper pada tahun 2016 yang lalu, kini mereka pun mempunyai layanan kedua yang berusaha mengatasi masalah akuntansi di berbagai perusahaan.
Sleekr sejauh ini baru mengungkap investasi tahap awal sebesar US$35.000 (sekitar Rp435 juta) pada tahun 2014, yang merupakan patungan dari uang pribadi ketiga co-founder. Mereka telah berhasil menggandeng beberapa perusahaan seperti Midtrans dan IDN Media sebagai klien mereka.
Sleekr Accounting
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A 100 - 500
GRATIS

OnlinePajak

OnlinePajak | Screenshot
OnlinePajak adalah layanan yang bisa memudahkan kamu untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak. Startup ini didirikan oleh pengusaha asal Perancis, Charles Guinot, dan telah terhubung langsung dengan server e-Billing dan e-Filing di Direktorat Jenderal Pajak.
Hingga saat ini, OnlinePajak telah mempunyai sekitar 200.000 pengguna aktif dan bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti TelkomselTokopediaGO-JEK, Kawan Lama Group, PT Astra Otoparts Tbk, dan Huawei Tech Investment.

 Veryfund

Veryfund | Screenshot
VeryFund merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan kamu untuk melacak segala transaksi yang terjadi di setiap rekening bank yang kamu miliki. Aplikasi ini membidik pemilik toko online, dan memungkinkan mereka untuk melakukan verifikasi pembayaran dari berbagai bank sekaligus melalui satu aplikasi.
Veryfund-Mobile Internet Bank
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
4.8M 100 - 500
GRATIS

Dompet Sehat

DompetSehat | Screenshot
DompetSehat adalah sebuah aplikasi mobile yang bisa membantu kamu mencatat keuangan pribadi, seperti yang dihadirkan Jojonomic pada awal kemunculannya. Aplikasi ini juga bisa memberikan masukan tentang cara mengeluarkan uang yang lebih baik, setelah sebelumnya melakukan analisis kebiasaan belanja kamu.
Aplikasi ini dibuat oleh Indiva Finansia Teknologi, perusahaan yang juga membuat aplikasi Veryfund.
Personal Finance - DompetSehat
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
N/A 1,000 - 5,000
GRATIS

Kartoo

Kartoo Aplikasi | Screenshot
Kartoo adalah aplikasi mobile yang bisa menampilkan informasi promo dari para penerbit kartu debit maupun kartu kredit. Aplikasi ini dibuat oleh Michael Luhukay bersama tiga orang rekannya, yaitu Rizky Anies, Gilang Bhagaskara, dan Ardheta Natalegawa.
Sejauh ini Kartoo mengklaim telah mempunyai 1.100 pengguna aktif bulanan, dan mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari seorang angel investor.
Kartoo - Credit Card Promos
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
N/A 1,000 - 5,000
GRATIS

NgaturDuit

NgaturDuit | Screenshot
NgaturDuit adalah layanan yang bisa membantu kamu mencatat pengeluaran, serta memantau portofolio investasi. Dengan platform yang mereka buat, kamu bisa membuat daftar kategori pengeluaran, seperti biaya sekolah anak, asuransi, pajak, hingga zakat.

Finansialku

Finansialku | Screenshot
Finansialku adalah portal dan aplikasi perencana keuangan yang bisa memberi kamu berbagai tip tentang cara mengelola keuangan yang baik. Mereka bisa memberi masukan tentang cara mengatur investasi, reksa dana, saham, asuransi, hingga persiapan pensiun, dengan baik.
Finansialku
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A 1,000 - 5,000
GRATIS

EFL

EFL | Screenshot
EFL adalah penyedia layanan penilaian risiko kredit yang bisa membantu lembaga finansial tanah air ketika akan memberikan pinjaman kepada seseorang. Mereka mengklaim bisa memberikan penilaian kepada orang yang bahkan belum mempunyai riwayat pinjaman maupun jaminan sekalipun.

Marketplace dan pembanding layanan finansial

Cermati

Cermati | Screenshot
Cermati merupakan e-commerce yang khusus menawarkan produk-produk finansial, seperti kartu kredit, pinjaman, dan simpanan. Startup ini didirikan oleh Andhy Koesnandar dan Oby Sumampouw yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan teknologi seperti Microsoft, Google, dan Cortona.
Pada tanggal 2 Februari 2017 yang lalu, mereka baru saja mendapat pendanaan Seri A Lanjutan sebesar tujuh digit dalam dolar (lebih dari Rp13 miliar) dari Orange Growth Capital (OGC). Investasi ini melengkapi pendanaan Seri A sebesar US$1,9 juta (sekitar Rp24,8 miliar) yang mereka terima dari East Ventures dan BEENOS Plaza pada bulan September 2016 yang lalu.

CekAja

CekAja | Screenshot
CekAja adalah situs yang berisi informasi dan perbandingan layanan finansial seperti kartu kredit, asuransi, dan berbagai bentuk investasi. Selain itu, mereka juga menyajikan perbandingan paket TV kabel dan internet berlangganan. Startup ini merupakan bagian dari C88, sebuah perusahaan teknologi asal Malaysia yang juga bergerak di bidang finansial.

AturDuit

AturDuit | Screenshot
Aturduit merupakan situs asal Malaysia yang menyediakan perbandingan layanan finansial mulai dari KTA, KPR, kartu kredit, pinjaman dana tanpa dan dengan agunan, asuransi mobil, kredit mobil, deposito, hingga tabungan. Situs ini awalnya bernama iMoney yang kemudian disesuaikan dengan pasar Indonesia dengan nama Aturduit.

HaloMoney

HaloMoney | Screenshot
HaloMoney merupakan pembanding layanan finansial yang telah hadir di tanah air sejak tahun 2014. Mereka bisa membantu para pengguna yang ingin mendapatkan kartu kredit maupun Kredit Tanpa Agunan (KTA).
Startup ini sendiri merupakan bagian dari CompareAsia Group, sebuah perusahaan pembanding layanan finansial yang berasal dari Taiwan. Selain di tanah air, CompareAsia juga telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

DuitPintar

DuitPintar | Screenshot
Ketika akan berekspansi ke tanah air pada akhir 2014, portal perbandingan layanan finansial asal Singapura MoneySmart memutuskan untuk mengakuisisi sebuah perusahaan lokal yang bernama KreditAja. Saat ini, mereka pun telah mengubah nama layanan tersebut menjadi DuitPintar.
Lewat situs tersebut, kamu bisa melihat perbandingan informasi terkait produk pinjaman, asuransi, hingga kartu kredit.

KreditGoGo

KreditGoGo | Screenshot
KreditGoGo adalah situs perbandingan jasa keungan yang bisa memberikan informasi terkait kartu kredit, pinjaman tanpa agunan, kredit kendaraan, asuransi, deposito, hingga kredit perumahan. Demi bersaing dengan layanan sejenis, mereka mengandalkan fitur XPressApply, yang bisa mempercepat proses pendaftaran untuk mendapat sebuah layanan finansial.
Startup ini merupakan bagian dari perusahaan pembanding layanan finansial asal Malaysia, yaitu Jirnexu. Mereka telah dua kali mendapat pendanaan Seri A, yaitu pada bulan Mei 2016 dan pada tanggal 23 Maret 2017 yang lalu.

Bareksa

Bareksa | Screenshot
Bareksa adalah marketplace yang memungkinkan kamu untuk melakukan jual beli produk finansial reksa dana secara online. Selain itu, startup yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013 ini juga menyediakan informasi seputar investasi, saham, dan obligasi.
Startup ini dibentuk oleh Karaniya Dharmasaputra, yang sebelumnya sempat mendirikan raksasa portal berita Indonesia VIVA, dan merupakan mantan Managing Editor di Majalah Tempo.

Stockbit

Stockbit | Screenshot
Stockbit merupakan platform sosial khusus untuk para trader dan investor. Startup ini didirikan oleh Wellson Lo dan Johny Susanto pada tahun 2013 silam. Fitur utama dari Stockbit adalah halaman Stream, yang serupa dengan linimasa Twitter, di mana kamu bisa berbagi grafik saham, tautan, dan data keuangan lainnya.
Pada tanggal 23 September 2015 yang lalu, Stockbit telah memperoleh pendanaan tahap awal dari Ideosource dengan jumlah yang tidak disebutkan.

Premiro

Premiro | Screenshot
Premiro adalah sebuah layanan yang memudahkan kamu untuk membeli produk asuransi dalam waktu cepat. Mereka kini berada di bawah naungan pialang asuransi konvensional, PT. Mitra, Iswara & Rorimpandey. Dengan platform tersebut, kamu bisa mendapatkan asuransi perjalanan dan kendaraan dalam waktu lima menit.

Bibitnomic

Bibitnomic | Screenshot
Bibitnomic adalah aplikasi yang bisa memudahkan kamu untuk menabung sekaligus berinvestasi. Aplikasi yang baru tersedia di platform iOS ini mempunyai fitur dompet digital yang bisa kamu isi dengan cara melakukan transfer bank.
Saldo tabungan tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk berinvestasi di reksa dana. Kamu bahkan bisa mulai berinvestasi mulai dari nominal Rp100.000. Saat ini Bibitnomic telah menjual produk beberapa perusahaan investasi, seperti Bahana dan Syailendra.
Bibitnomic
Review Star Android GrayReview Star Android GrayReview Star Android GrayReview Star Android GrayReview Star Android Gray
27.53 MB N/A
GRATIS

Indogold

IndoGold | Screenshot
IndoGold adalah platform investasi yang memungkinkan kamu untuk membeli emas untuk keperluan investasi secara online. Mereka bahkan menyediakan fitur cicilan bagi kamu yang tidak mempunyai uang yang cukup untuk membeli emas.

Kanopi

Kanopi | Screenshot
Kanopi adalah software yang bisa membantu perusahaan finansial untuk bisa menjangkau para pengguna baru. Mereka menyediakan teknologi front end yang memungkinkan pengguna baru tersebut mendaftar dan melakukan transaksi secara langsung lewat perangkat Android.

Gadai

Pinjam

Pinjam | Screenshot
Pinjam adalah layanan online yang memungkinkan kamu untuk menggadaikan barang, seperti emas, gadget, hingga kendaraan bermotor. Pada tahun 2017 ini, mereka telah berhasil mendapat lisensi untuk menjalankan bisnis pegadaian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Startup ini didirikan oleh Teguh B. Ariwibowo pada tahun 2015, dan telah mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dengan nominal yang tidak disebutkan dari seorang investor lokal pada bulan Mei 2016.

Pinjaman Online

UangTeman

UangTeman Aplikasi iOS | Screenshot
UangTeman adalah situs yang menghadirkan layanan pinjaman tanpa agunan mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 juta dengan maksimal waktu pengembalian selama tiga puluh hari. Saat ini, layanan tersebut telah hadir melalui platform web, serta aplikasi iOS dan Android. Mereka juga telah hadir di berbagai kota, mulai dari Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang, Klaten, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali dan Makassar.
Pada tanggal 26 September 2016, startup yang didirikan oleh Aidil Zulkifli ini mendapat pendanaan Pra Seri A dari sebuah grup perbankan besar di Asia Tenggara dengan nominal yang tidak disebutkan.
UangTeman
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android GrayReview Star Android Gray
N/A 50,000 - 100,000
GRATIS

Kredivo

Kredivo | Screenshot
Kredivo adalah penyedia solusi pinjaman cepat yang memungkinkan kamu untuk berbelanja online, tanpa harus melakukan pembayaran saat itu juga. Mereka akan menanggulangi pembayaran tersebut, dan kamu bisa mengembalikan uang kepada mereka dalam jangka waktu tiga puluh hari, atau mencicil selama maksimal dua belas bulan.
Kredivo sendiri merupakan produk dari sebuah startup yang bernama FinAccel. Pada tanggal 1 Juni 2016 yang lalu, mereka telah mendapat pendanaan awal senilai tujuh digit yang dipimpin oleh Jungle Ventures. Pendanaan tersebut juga diikuti oleh GMO Venture Partners, AlphaJWC Ventures, 500 Durians, 500 Tuktuks, serta beberapa angel investor seperti Amar Goel (Komli/PubMatic), Prashant Kirtane (TravelMob), Jerry Yeu dan Mathieu Harding (Hawksburn Capital).
Mulai beroperasi pada akhir tahun 2015, Kredivo kini telah bekerja sama dengan lebih dari delapan puluh merchant. Adapun dana pinjaman yang mereka salurkan, semuanya berasal dari perusahaan pembiayaan BFI Finance.
Kredivo
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
N/A 100,000 - 500,000
GRATIS

Akulaku

Serupa dengan Kredivo, Akulaku adalah layanan yang memungkinkan kamu untuk berbelanja online, lalu membayarnya dengan metode kredit. Mereka memberikan waktu maksimal pengembalian uang hingga sembilan bulan.
Saat ini, Akulaku telah bisa melayani masyarakat di daerah Jabodetabek dan Bandung. Selain itu, mereka juga telah bisa digunakan di negara-negara lain, seperti Malaysia dan Filipina.
Akulaku - Installment shopping
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
N/A 1,000,000 - 5,000,000
GRATIS

Cicil

Cicil | Screenshot
Cicil merupakan layanan yang memungkinkan para mahasiswa untuk membeli berbagai barang di platform mereka, dan membayarnya dengan metode cicilan tanpa harus mempunyai kartu kredit. Apabila kamu tidak menemukan barang yang kamu inginkan di platform Cicil, kamu juga bisa memasukkan tautan barang yang ada di e-commerce lain agar Cicil bisa membelikan barang tersebut untuk kamu.
Startup ini didirikan oleh Edward Widjanarko dan Leslie Lim pada tahun 2016 yang lalu. Di bulan November 2016, mereka telah mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures.

DanaBijak

DanaBijak | Screenshot
DanaBijak adalah layanan pinjaman online yang menawarkan produk pinjaman mikro kepada masyarakat Indonesia. Mereka bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 juta, dalam waktu maksimal tiga puluh hari.
Untuk meminjam uang lewat DanaBijak, kamu hanya perlu mempunyai pendapatan bulanan minimal Rp2,5 juta dan rekening bank yang terverifikasi. Bagi peminjam awal, mereka memberlakukan bunga satu persen per hari.

Gerai Dana Cepat

GDC | Screenshot
Gerai Dana Cepat (GDC) adalah lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman dana dengan jaminan BPKB (sepeda motor atau mobil) dan sertifikat tanah. Berdiri sejak 1 Mei 2011, GDC telah mempunyai cabang di kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Jombang, dan Tangerang.
Pada tanggal 14 November 2016, GDC memutuskan untuk meluncurkan sebuah aplikasi pinjaman online di platform Android. Untuk menghadirkan layanan baru tersebut, mereka pun bekerja sama dengan beberapa lembaga keuangan lain, mulai dari Adira Finance, Radana Finance, BFI Finance, hingga Mandiri Utama Finance.
GDC Mobile
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
N/A 10,000 - 50,000
GRATIS

KreditCepat

KreditCepat | Screenshot
KreditCepat adalah layanan yang bisa memberikan pinjaman mikro secara online dalam waktu maksimal tiga puluh hari. Dalam prosesnya, mereka pun tidak mengharuskan peminjam untuk memberikan jaminan.
Bagi pinjaman awal, mereka mengenakan bunga sekitar tiga puluh persen untuk pinjaman selama tiga puluh hari.

P2P Lending dan crowdfunding

Investree

Investree Pinjaman Karyawan | Screenshot
Meluncur pada akhir Mei 2016, Investree didirikan oleh beberapa founder yang punya pengalaman bertahun-tahun di bisnis perbankan. Sang Chairman Adrian Asharyanto Gunadi contohnya, adalah mantan Managing Director bidang Retail Banking di Bank Muamalat.
Saat ini, Investree telah menghadirkan dua jenis layanan, yaitu Pinjaman Bisnis dan Pinjaman Personal. Untuk Pinjaman Bisnis, pencari pinjaman harus menyertakan tagihan (invoice) berjalan, dan mereka bisa mendapatkan pinjaman dengan nilai delapan puluh persen dari nominal tagihan tersebut.
Sedangkan Pinjaman Personal bisa dimanfaatkan oleh para karyawan yang perusahaannya telah menjalin kerja sama dengan Investree. Mereka nantinya harus membayar cicilan dari pinjaman tersebut setiap bulannya dengan sistem potong gaji.

Modalku

Situs Modalku New Logo | Screenshot
Modalku merupakan platform peer-to-peer (P2P) lending yang memungkinkan para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengajukan pinjaman sebesar Rp50 juta hingga Rp500 juta selama tiga sampai dua belas bulan. Apabila disetujui, pengajuan tersebut akan ditampilkan di situs Modalku, agar bisa dilihat oleh para calon pemberi pinjaman.
Apabila jumlah pinjaman yang diharapkan pemilik UKM berhasil terpenuhi dalam rentang waktu yang ditetapkan, Modalku akan segera mencairkan dana tersebut. Dari setiap kesepakatan, Modalku menarik komisi sebesar 3 hingga 4 persen dari pemberi pinjaman, dan 3 persen dari peminjam.
Diluncurkan pada bulan Januari 2016, Modalku telah mendapat pendanaan Seri A sebesar Rp100 miliar pada tanggal 4 Agustus 2016. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Sequoia India, serta diikuti oleh investor mereka sebelumnya, Alpha JWC Ventures.

Amartha

Amartha | Screenshot
Amartha merupakan layanan P2P lending yang menerapkan sistem yang mereka namai Tanggung Renteng. Sistemnya mereka hanya akan memberikan pinjaman kepada anggota kelompok warga berjumlah sekitar lima belas hingga dua puluh orang, yang telah mereka bina di berbagai desa. Apabila ada seorang anggota kelompok tersebut yang tidak mengembalikan pinjaman, maka anggota lain harus bertanggung jawab untuk melunasinya.
Ketika berdiri pada tahun 2010 silam, Amartha sebenarnya mengawali bisnis mereka dengan konsep balance sheet lending. Sehingga, uang yang diberikan kepada peminjam berasal dari kantong mereka sendiri, atau dari perusahaan yang bekerja sama dengan mereka. Baru pada tahun 2016 yang lalu mereka mengubah model bisnis mereka menjadi P2P lending, dan memungkinkan setiap individu untuk menjadi investor di platform mereka.
Pada tanggal 7 Maret 2017, Amartha mengumumkan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Mandiri Capital Indonesia (MCI). Turut serta dalam investasi tersebut Lynx Asia Partners, serta investor mereka sebelumnya, yaitu Beenext dan Midplaza Holding.

KoinWorks

KoinWorks | Screenshot
KoinWorks adalah layanan P2P Lending yang memungkinkan kamu untuk menjadi investor dengan modal hanya Rp100.000. Selain bisa memilih akan dipinjamkan ke mana uang yang diinvestasikan, kamu juga bisa memantau secara real time bagaimana performa debitur dalam mengembalikan uang pinjaman.
Startup yang didirikan oleh Benedicto Haryono ini mendapatkan pemasukan dengan cara mengambil komisi dari peminjam sebesar dua sampai empat persen, dan dari pemberi pinjaman sebesar satu persen.

Crowdo

Crowdo | Screenshot 1
Crowdo adalah startup P2P lending yang didirikan oleh dua orang yang cukup berpengalaman di bisnis finansial, yaitu Leo Shimada dan Nicola Castelnuovo. Mereka mulai beroperasi di Singapura pada tahun 2012, sebelum kemudian berekspansi ke Malaysia dan Indonesia pada tahun 2015 silam.
Crowdo bisa memberikan pinjaman kepada perusahaan yang bersedia menjaminkan tagihan (invoice), kendaraan, emas, hingga perhiasan, serta menyediakan pinjaman kepada karyawan dari berbagai perusahaan.
Para pemberi pinjaman bisa memberikan dana mulai dari Rp1 juta. Saat menemukan calon peminjam yang potensial, para pemberi pinjaman tersebut harus terlebih dahulu melakukan isi ulang (top up) saldo investasi mereka. Dari setiap penggalangan pinjaman yang sukses, Crowdo akan mengambil komisi sebesar tiga persen.
Crowdo Connect
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
N/A N/A
GRATIS

Taralite

Taralite | Screenshot
Taralite adalah layanan P2P Lending yang telah berdiri sejak bulan Agustus 2015 silam. Pada akhir 2015, mereka telah berhasil mendapatkan pendanaan tahap awal, dan kini telah bekerja sama untuk memberikan pinjaman kepada karyawan di perusahaan besar seperti Uber, P&G, dan Tokopedia.
Saat ini mereka menawarkan solusi pembiayaan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pernikahan, persalinan, hingga umroh. Taralite menghadirkan bunga mulai dari 0,9 persen per bulan.

KlikACC

KlikACC | Screenshot
KlikACC adalah layanan yang bisa menghubungkan orang-orang yang membutuhkan pinjaman dengan para investor yang mempunyai dana lebih. Kamu bisa mengajikan pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp50 juta untuk masa waktu maksimal 36 bulan.

KitaBisa

KitaBisa | Screenshot
KitaBisa adalah situs crowdfunding yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan dana sosial. Startup ini didirikan oleh M. Alfatih Timur dan meluncur untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Juli 2013.
Hingga saat ini, KitaBisa telah mengumpulkan dana lebih dari Rp80 miliar, yang disalurkan untuk lebih dari empat ribu kampanye sosial. Di akhir 2015, mereka telah mendapat pendanaan tahap awal dari ANGIN.

Akseleran

Akseleran | Homepage
Akseleran adalah platform equity crowdfunding yang bisa digunakan oleh founder startup maupun pemilik bisnis UKM untuk mendapat tambahan dana. Para investor di Akseleran akan mendapat bagian saham dari perusahaan yang mereka beri investasi. Oleh karena itu, mereka pun berhak menerima uang bagi hasil sesuai dengan keuntungan perusahaan tersebut.
Startup ini didirikan oleh mantan konsultan hukum bernama Ivan Nikolas Tambunan, bersama dengan Mikhail Tambunan dan Christopher Gultom. Meluncurkan versi beta pada bulan Desember 2016, Akseleran akhirnya hadir secara resmi pada tanggal 21 Maret 2017 yang lalu.

GandengTangan

GandengTangan | Screenshot
GandengTangan merupakan platform crowdlending yang ditujukan bagi pemilik usaha sosial yang sedang membutuhkan modal. Para peminjam nantinya akan mengembalikan dana secara berkala oleh para peminjam, tanpa tambahan bunga.
Startup ini didirikan oleh Jezzie Setiawan dan Nur Roni Dinnurohman sekitar bulan Maret 2015.

DanaDidik

DanaDidik | Screenshot
DanaDidik adalah situs crowdfunding khusus untuk pinjaman pendidikan bagi mahasiswa. Para mahasiswa yang tengah menimba ilmu di sebuah universitas dan akan lulus dalam jangka waktu dua tahun, diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman lewat platform ini.
Para peminjam hanya perlu membayar biaya administrasi sekitar Rp55 ribu, dan mengembalikan dana pinjaman dengan bunga satu persen per bulan ketika mereka telah lulus.

Indves

Indves | Screenshot
Indves adalah sebuah platform crowdfunding berbasis syariah yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik UKM untuk mendapat modal. Pemilik UKM terpilih nantinya akan ditampilkan di platform Indves. Setelah target modal terkumpul, barulah Indves akan menyalurkan dana investasi tersebut.
Startup ini didirikan pada bulan Oktober 2015 oleh Dikry Paren bersama beberapa rekannya sesama mahasiswa Universitas Indonesia, seperti Choirudin (CTO) dan Muhammad Hassan (CMO).

EthisCrowd

EthisCrowd | Screenshot
EthisCrowd adalah platform crowdfunding syariah yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pinjaman pembelian properti. Startup ini berasal dari Singapura, dan telah mempunyai kantor perwakilan di Jakarta, Kuala Lumpur, dan Sydney.

Kredivest

Kredivest | Screenshot
Kredivest adalah layanan P2P lending yang bisa membantu memberikan pinjaman senilai maksimal Rp500 juta kepada para pelaku usaha. Untuk mendapatkan pinjaman dari platform tersebut, kamu hanya perlu memberikan jaminan tagihan (invoice) yang belum cair.

Mekar

Mekar | Screenshot
Mekar adalah platform P2P lending yang bisa membantu para pemilik UKM untuk mendapatkan modal usaha. Mereka menjanjikan keuntungan rata-rata sepuluh persen untuk para investor. Layanan ini didanai dan dimiliki sepenuhnya oleh Putera Sampoerna Foundation.

Selain para startup fintech di atas, kami juga telah merangkum kumpulan startup penyedia sistem pembayaran digital dan kumpulan startup penyedia layanan Point of Sales (POS) yang bisa menjadi solusi finansial bagi toko online maupun offline.

12 komentar:

  1. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Liliyana. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka kemudian akan bertanya pembayaran biaya lisensi atau biaya registrasi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman palsu mereka.

    Beberapa minggu yang lalu saya tegang secara finansial dan berkecil hati, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. Christabel Missan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar USD100.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat bunganya hanya 2%,

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirimkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: christabelloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan ia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda patuh.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: liliyanabasuki@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Ny. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: permatabudiwati@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan kami lianmeylad@gmail.com, yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan

    Saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ms. Christabel email Missan: (christabelloancompany@gmail.com) dan saya jamin
    Anda juga dapat menghubungi nomor kontak +1(561)491-6019 ibu whatsapp
    Untuk pertanyaan, silakan Christabelcare - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami +19177461022
    Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerervicechristabelloan@gmail.com.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak dari Indonesia dan Malaysia

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Liliyana. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka kemudian akan bertanya pembayaran biaya lisensi atau biaya registrasi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman palsu mereka.

    Beberapa minggu yang lalu saya tegang secara finansial dan berkecil hati, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. Christabel Missan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar USD100.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat bunganya hanya 2%,

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirimkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: christabelloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan ia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda patuh.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: liliyanabasuki@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Ny. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: permatabudiwati@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan kami lianmeylad@gmail.com, yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan

    Saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ms. Christabel email Missan: (christabelloancompany@gmail.com) dan saya jamin
    Anda juga dapat menghubungi nomor kontak +1(561)491-6019 ibu whatsapp
    Untuk pertanyaan, silakan Christabelcare - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami +19177461022
    Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerervicechristabelloan@gmail.com.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak dari Indonesia dan Malaysia

    BalasHapus
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  4. Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan kewangan kepada semua individu, kadar faedah kami adalah 2% setiap tahun. Kami juga memberikan nasihat dan bantuan kewangan kepada kami pelanggan dan pemohon Sekiranya anda mempunyai projek yang baik atau ingin memulakan perniagaan dan memerlukan pinjaman untuk membiayai dengan segera, kami dapat membincangkannya, menandatangani kontrak, dan kemudian membiayai projek atau perniagaan anda untuk anda bersama-sama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Perniagaan

    Perniagaan Merchandising.
    Perniagaan pembuatan
    Perniagaan Hibrid.
    Perniagaan tunggal
    Perkongsian.
    Syarikat.
    Syarikat terhad.
    pinjaman peribadi.
    pinjaman pelaburan.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit pemilikan rumah.

    HUBUNGAN SYARIKAT PINJAMAN:
    Laman web: rikaandersonloancompany.webs.com
    E-mel: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Pelanggan: +1 (323) 689-3663
    Sembang Whatsapp: + 1-323-689-3663
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Ibu Pejabat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, Amerika Syarikat
    Cukai / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Daerah New York, NY9016 34001

    BalasHapus
  5. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    CITY: BATU MALANG JATIMMY
    WHATSAPP: +62 877-4316-8500
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berputar.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya mencoba untuk pergi, sekarang ALLAH menggunakan teman dan tetangga saya Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi MOTHER KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesia menghubungkannya ke MOTHER KARINA, jadi saya menceritakan kepada ibu cerita saya, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelum itu saya meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, dengan harapan dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email atau whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi kabar baik sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    WHATSAPP ONLY: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  6. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu itu benar-benar mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan untuk membayar ketiga anak saya dan skor kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari bayaran dengan nilai kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak artikel dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan suku bunga pinjaman @ 2%. Dengan pengetahuan yang saya dapat secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya menjelaskan diri saya. Saya mengajukan pinjaman $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksi sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam utang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke PERUSAHAAN LOAN KARINA ELENA ROLAND sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Data pribadi
    Negara: Indonesia
    Nama: Wahyu Sapto Handoko
    Email: wahyusaptohandoko256@gmail.com
    Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
    Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
    Email: (helenwilson719@gmail.com)

    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  8. Halo semua
    Nama saya AISHA MEY (aishamey14@gmail.com) dari jakarta selatan indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH karena penderitaan saya berakhir melalui Anthony Yuliana Lenders yang telah memberikan pinjaman kepada saya sebesar Rp 250 juta, bagi yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman palsu dimana-mana hanya sedikit yang nyata dan Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman online terbaik, saya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum jumlah pinjaman saya sebesar Rp 250 juta ditransfer ke rekening saya, untuk mereka yang mencari pinjaman online asli dan asli harus menghubungi mereka
    (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    whatsapp (+13234026088)

    BalasHapus
  9. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu sangat mungkin mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan yang harus dibayar untuk ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari pembayaran dengan skor kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan tingkat bunga pinjaman @ 2%. Dengan ilmu yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya jelaskan sendiri. Saya mengajukan pinjaman sebesar $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksinya sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    BalasHapus
  10. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  11. Halo semuanya.
    Nama saya Ayu Annisa Sudaryanti dari Jln Mampang Prapatan I Rt.6/6 Jaksel, Jakarta. Saya melihat komentar dari orang-orang yang sudah mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman Rika Anderson di facebook dan blog
    .

    Saya memutuskan untuk mendaftar di bawah rekomendasi dan kesaksian mereka dari Ibu Nazeaf shehu dari Badung dan tinggal di Jakarta email: ameliahariyah1@gmail.com dan LEONY DORA dari Surabaya email: nyratyy@gmail.com hanya beberapa jam kemudian, saya mengkonfirmasi pinjaman pribadi saya di saya Rekening MAYBANK dengan jumlah total Rp650.000.000 yang saya minta.

    Ini adalah berita yang sangat bagus sekarang saya dapat membayar hutang saya, berinvestasi di peternakan saya dan biaya sekolah anak-anak saya. Saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman asli tanpa takut untuk mengajukan melalui mereka

    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    rikaandersonloancompany@gmail.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    WA saya: +6285854125084

    Saya senang sekarang karena saya telah mendapatkan pinjaman yang saya minta. Saya berjanji ibu Rika juga membawa pelanggan serius yang membutuhkan pinjaman sehingga mereka bisa bahagia.

    Anda juga dapat menghubungi untuk informasi lebih lanjut di
    email: yuuu.annisa@gmail.com
    Negara: Indonesia
    Kota: Jakarta
    Jumlah: Rp650 Juta

    BalasHapus
  12. Ini adalah agen pinjaman Anda yang telah Anda tunggu-tunggu, kami memiliki begitu banyak kesaksian di seluruh dunia, nama baik kami berbicara untuk kami tidak peduli lokasi atau negara Anda di seluruh eropa atau benua lain, kami dapat mengirimkan uang pinjaman Anda ke rekening bank Anda dalam beberapa jam setelah persetujuan dan juga kabar baik lainnya adalah kami akan mengirimkan semua dokumen pinjaman Anda melalui email sehingga Anda akan puas dengan layanan kami ((((kami tidak pernah menipu siapa pun sejak penyedia pinjaman kami dan kami tidak akan menipu Anda karena prioritas utama kami adalah untuk membuat semua pelanggan kami senang dan juga stabil secara finansial) Kami telah meminjamkan kepada begitu banyak orang dalam kisaran [€30.000,00 hingga jumlah [€5.000.000.00] sehingga Anda bebas untuk meminta jumlah berapa pun yang Anda butuhkan sehingga kami dapat memprosesnya dan kemudian mengirimkan pinjaman Anda dengan tenang, tarif kami sangat rendah dan sangat menarik dibandingkan dengan tarif bank lokal Anda dan mode transaksi sangat cepat dan fleksibel untuk diproses sehingga Anda dapat mengakses jumlah pinjaman yang Anda minta dalam beberapa jam

    Di Bawah Ini Adalah Detail Dontact Kami!!!!

    WhatsApp:+33758722151
    e_mail:(financialserviceauthority400@gmail.com))))

    BalasHapus