Kamis, 03 Agustus 2017

Bukti Manusia Kecanduan Gadget, Inilah Bentuk “Sakaw” Jika Sehari Tanpa Gadget

Persoalan kecanduan yang dialami oleh manusia tidak melulu tentang rokok dan narkoba, manusia juga bisa mengalami kecanduan terhadap internet, khususnya gadget. Hampir semua masyarakat modern tidak bisa terlepas dari barang elektronik yang satu ini, dari bangun tidur sampai mau tidur kita tidak bisa berjauhan 
amazonaws.com
Gadget kini bukan lagi sebagai kebutuhan primer, melainkan sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi masyarakat, khususnya sebagai pemenuh kebutuhan komunikasi dan informasi. Karena kedua faktor inilah yang menjadi alasan utama kenapa kita tidak bisa terpisah dengan gadget. Selain itu, gadget dinilai mampu menjadi ruang bersosialisasi  sebagai pemenuh fitrah manusia sebagai makhluk sosial.

Namun tanpa kita sadari, gadget juga bisa membuat penggnanya merasa kecanduan. Ketika seseorang sudah mengalami kecanduan ia tidak bisa terlepas dengan yang gadget, bahkan ke kamar mandi pun tetap membawa perkakas yang satu ini.
gogirlmagz.com
Laiknya bentuk kecanduan dengan sesuatu yang lainnya, kecanduan dengan gadget juga ada masa sakaw nya, namun tentu sakaw kecanduan gadget tidaklah sama dengan sakaw kecanduan narkoba atau rokok. Untuk mengidentifikasi kamu termasuk termasuk orang yang kecanduan gadget atau tidak, kamu bisa mencobanya dengan tidak menggunakan gadget selama 24 jam penuh, jika kamu merasakan “sakaw” berarti kamu termasuk seseorang yang mengalami kecanduan terhadap gadget.
Bentuk sakaw orang yang kecanduan gadget bermacam-macam, dari yang paling ringan sampai yang paling berat. Untuk sakaw terhadap gadget yang paling ringan, biasanya seseorang hanya mengalami ada yang kurang dalam hidupnya. Jika satu hari saja kamu tidak menggunakan gadget dan hidupmu merasa ada yang kurang berarti kamu termasuk seseorang yang kecanduan gadget.
zopini.com
Namun bentuk sakaw terhadap gadget ada yang bisa lebih parah dari itu, merasa moodnya buruk jika tidak memegang gadget merupakan salah satu bentuk sakaw yang lumayan parah. Biasanya pada tingkatak ini, seseorang akan mengalami mood yang buruk jika tidak memegang gadget. Bahkan jika hal itu dibiarkan si pecandu bisa marah-marah atau uring-uringan  tidak menggunakan gadget untuk beberapa saat.
Hal lain yang bisa menjadi tanda jika kamu merupakan salah seorang yang mengalami kecanduan gadget, ialah kamu merasa cemas jika tidak menggunakan gadget. Hal itu bisa kamu coba saat bangun tidur, jika saat bangun tidur kamu langsung mencari gadget dan jika bangun tidur tidak menemukan gadget untuk beberapa waktu kamu akan mengalami kecemasan. Hal ini biasa disebut dengan Pre-okupasi.
npr.org
Meskipun tidak sampai merusak badan secara langsung seperti kecanduan rokok dan kecanduan narkoba, namun kecanduan gadget juga bisa berdampak tidak baik bagi kita, khususnya dampak psikologis. Semakin banyak cemas, stres, dan mood yang buruk merupakan dampak yang bisa dirasakan langsung.
lihat.co.id
Sebab bagaimanapun juga ketergantungan terhadap sesuatu akan membuat kehidupan kita semakin tertekan dan terbebani. Semakin kita banyak ketergantungan terhadap sesuatu berarti kebahagiaan kita semakin berkurang.
sumber.